Sabtu, 03 Agustus 2019

Cara Mengatasi Masalah Sampah Plastik.

Pada tanggal 3 Agustus 2019 saya pernah mewawancarai salah seorang aktifis yang bergerak dalam bidang pecinta lingkungan hidup. Sayangnya dia tidak mau menyebutkan namanya. Dia berasal dari kota Singaraja. Berikut ini adalah petikan wawancara saya dengan aktifis tersebut yang saya tulis dalam situs Blogspot ini.

Saya "Apa dampak buruknya jika kita membuang sampah di sungai?

Aktifis "Dampak buruknya adalah Selain merusak pemandangan, membuang sampah di sungai bisa mengakibatkan aliran sungai tersumbat.
Sampah yang dibuang ke sungai akan hanyut terbawa arus sampai ke laut. Hal ini juga akan merusak pemandangan laut. Dan ikan-ikan akan lari karena ikan tidak bisa hidup di laut yang penuh dengan sampah. Karena ikan suka bertelur di terumbu karang.

Saya "Apakah dampak buruk sampah plastik bagi kesehatan?

Aktifis" Plastik itu sangat membahayakan kesehatan karena plastik mengandung zat adiktif Biphenol A/Bp.A.
Selain itu, sampah plastik juga menyebabkan banjir karena sampah plastik sering menyumbat aliran sungai, bisa membuat perubahan iklim karena sampah plastik mengemisikan gas rumah kaca ke atmosfer. Kantong plastik yang paling berbahaya adalah kantong plastik berwarna hitam karena sudah daur ulang. Mayarakat juga dihimbau agar tidak menggunakan styrofoam untuk mewadahi makanan berkuah dalam keadaan panas seperti misalnya makanan Pop Mie yang terbungkus dari styrofoam atau gabus. Kuah yang tercampur dengan bahan kimia berbahaya dari styrofoam akan mengganggu kesehatan. Hal ini sudah dilarang di negara-negara maju seperti Amerika.
      Saya "Apakah sampah plastik boleh dibakar?

Aktifis" Sampah plastik tidak boleh dibakar karena jika dibakar akan mengeluarkan asap hitam yang bisa mengganggu kesehatan terutama paru-paru. Sampah plastik tidak boleh dibakar karena sampah plastik jika dibakar akan mengeluarkan asap hitam yang mengganggu kesehatan seperti penyakit sesak nafas. Sampah plastik juga tidak boleh dikubur dalam tanah karena sampah plastik tidak bisa diurai oleh tanah. Selain itu, sampah plastik yang terkubur dalam tanah akan mengganggu kesuburan tanah. Jika kesuburan tanah terganggu, maka pepohonan juga akan terganggu sistem pertumbuhannya.
    Saya" Apa saja yang bisa dikatakan dengan sampah plastik?

Aktifis" Terlebih dahulu anda harus mengenali sampah plastik terdiri dari apa? Sampah plastik sebagian besar terdiri dari alat-alat dan perabotan rumah tangga yang sudah tidak terpakai seperti misalnya pembungkus makanan, botol minuman, pembungkus kosmetik, barang-barang elektronik, semuanya terbuat dari plastik Fiber. Untuk memberantas sampah-sampah plastik maka Di jaman yang sudah canggih ini sudah tercipta mesin oven mini tanpa asap. Fungsinya adalah mengolah sampah plastik menjadi kerikil plastik.
               Saya" Selain cara di atas, bagaimana caranya agar volume sampah plastik berkurang?

Aktifis" Volume sampah plastik akan berkurang jika di setiap desa ada program daur ulang sampah plastik. Misalnya ada seorang pengrajin yang membuat kelompok usaha dalam bidang pembuatan barang-barang kerajinan tangan yang berbahan dasar dari sampah plastik. Saya senang melihat barang-barang daur ulang yang terbuat dari sampah plastik yang terjual di pasaran seperti taplak meja yang terbuat dari plastik bekas shampoo sachet merek Zinc. Kita sudah seharusnya mengucapkan terimakasih pada orang-orang yang memiliki jiwa kreatif. Di tangan mereka, sampah plastik disulap menjadi barang-barang bernilai seni dan memiliki harga jual tinggi. Mungkin hanya dengan cara itu kita bisa mengurangi sampah plastik yang semakin menumpuk.  Dan juga setiap bulan harus ada program penyuluhan dari pemerintah tentang bahaya sampah plastik bagi kesehatan manusia.

Saya" Cara lainnya?

Aktifis" Sebenarnya Ada banyak cara untuk mengurangi volume sampah di masyarakat. Diantaranya adalah kalau mau berbelanja harus membawa tas dari rumah. Tujuannya adalah jika kita membawa tas dari rumah maka kita tidak akan meminta tas plastik pada pihak toko untuk menaruh barang belanjaan. Otomatis kita sudah melakukan gerakan pengurangan sampah plastik. Dan yang lebih penting lagi adalah setiap hari libur kumpulkan teman-teman untuk mengadakan acara bersih-bersih di tepi pantai, di sepanjang sungai, di ladang-ladang, di wilayah perbukitan, dan lain-lain.
              .
Saya" Apa saja kontribusi dari petugas kebersihan?

Aktifis" Saya sangat berterimakasih kepada petugas pemilahan sampah di penampungan sampah atau di tempat pembuangan akhir. Walaupun sampah rumah tangga sudah dipilah antara sampah organik dengan sampah anorganik tapi ketika diambil oleh petugas sampah tersebut ditempatkan dalam satu kendaraan yang sama. Tetapi sampai di tempat pembuangan akhir, sampah tersebut dipilah lagi oleh petugas pemilahan sampah. Karena petugas pemilahan sampah sangat bertanggungjawab kepada bahaya yang ditimbulkan oleh sampah plastik. Bahaya-bahayanya diantaranya adalah akan terjadi pemanasan global dan sampah plastik bisa merusak kesehatan tanah pasalnya sampah plastik sulit terurai.
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar